Uji Fungsi Tactical Atmospheric Sounding Kit (TASK)
Uji Fungsi TASK

By Penpusbekangad 23 Okt 2020, 08:09:44 WIB Kegiatan
Uji Fungsi Tactical Atmospheric Sounding Kit (TASK)

JAKARTA, ditbekangad.mil.id – Uji Fungsi Tactical Atmospheric Sounding Kit (TASK) menggunakan balon besar berdiameter 1,3 meter yang berisi helium secara digantung dengan seutas tali berketinggian 200 meter di sebuah lapangan yang berlokasi di Desa Mukti Jaya, Kampung Pasir Tangkil, Setu Bekasi pada Kamis pagi pukul 09.00 WIB (22/10/2020).


Baca Lainnya :

TASK merupakan sebuah alat yang berfungsi untuk mengetahui arah angin, kecepatan angin, temperatur udara, dan kelembaban udara yang ditampilkan pada layar monitor dalam bentuk grafis 3 dimensi, diperlukan sebagai data sebelum dilaksanakan penerjunan.


Sebelum dilaksanakan pelepasan TASK naik ke udara, Wakapusbekangad Brigjen TNI Helly Guntoro, S.Sos. mewakili Kapubekangad dalam sambutannya dihadapan beberapa tamu undangan dari Mabesad, Dislaikad, Kopassus, pejabat teras Pusbekangad dan Mitra (PT. Armorindo Perkasa) mengatakan, “TASK merupakan pengadaan buatan luar negeri sebanyak 2 set yang tergolong sebagai materiil Alut khusus”.

“Sebelum Alut ini diterima dan dipergunakan oleh satuan pemakai, maka terlebih dahulu harus dilaksanakan proses atau langkah-langkah uji, diantaranya yaitu uji laboratorium, uji sensus dan uji” tambahnya.


TASK yang digantungkan pada balon dengan seutas tali diuji keakuratannya pada ketinggian tertentu secara bertahap, mulai dari ketinggian 50 meter, 100 meter, 150 meter dan 200 meter, Tim Penilai dari Dislaikad melalukan penilaian terhadap kelengkapan materiil dan sesuai dengan parameter uji fungsi Alut khusus tersebut, selanjutnya melaporkan hasilnya kepada Kapusbekangad yang diwakili oleh Wakapusbekangad.

Kasubditbinmatang Sdircab Pusbekangad Kolonel Cba Aswanto, selaku Kepala Pelaksanaan Kegiatan (Kalakgiat) Uji Fungsi/Terima TASK mengatakan, “Hasil Uji Fungsi TASK dilaksanakan dengan baik dan aman, setelah dilakukan penilaian dan pemeriksaan oleh Tim Penilai dan melaporkan hasilnya bahwa TASK dapt berfungsi dengan baik dan dapat diterima untuk menjadi asset TNI AD”. (Penpusbekangad)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment